Tuesday, November 4, 2008

Laskar Pelangi

Laskar pelangi merupakan film kedua yang kutonton setelah Ayat-ayat cinta yang diangkat dari sebuah novel anak negeri. Dari awal sudah kuduga bahwa film ini bagus. Hal tersebut didukung oleh pernyataan yang dilontarkan oleh si empunya yang punya novel mas Andrea dalam sebuah sesi di Kick Andy.

Bagi orang yang belum membaca novelnya atau baru melihat filmnya paling cuma berkata "Biasa aja, terlalu dibesar-besarkan". Nah inilah kekurangan orang kita, klo boleh dibilang jeleknya kita, menilai sesuatu or sebuah karya yang kita sendiri tidak mempunyai ilmu tentang yang kita nilai itu. atau paling tidak untuk menilai sesuatu nilaiLAH secara proporsional, menilai berdasarkan data dan fakta yang ada :-)

Secara kasat mata Film Laskar Pelangi boleh dibilang sukses secara materi maupun sosial. Secara materi hal tersebut dibuktikan dengan berminggu-minggu orang antri diloket untuk bisa menonton film tersebut, bahkan saya sendiripun baru bisa menonton setelah satu bulan release :P dan itupun masih ramai oleh penonton.

Penggambaran yang diilustrasikan didalam film sebahagian besar sesuai dengan apa yang kita
bayangkan ketika kita sedang membaca novelnya.Beberapa mozaik-mozaik dalam novel tergambarkan dalam sketsa film laskar pelangi. Adegan yang paling aku sukai adalah ketika ikal dalam perjalanan membeli kapur di toko sinar harapan yang pada akhirnya bertemu dengan aling yang menjadikan hari-hari membeli kapur menjadi hal yang menyenangkan.Perfekto ...., sesuai dengan imajinasiku ketika membaca novelnya dahulu.

Namun sayang bahasa sastra andrea yang terlukiskan dinovel sangat apik belum terwakilkan dalam film.Yang kental hanyalah logat melayu yang sangat dalam setiap dialog. Yach paling tidak saya tidak merasa "Kecewa" menonton film tersebut. :-) Semoga "Sang Pemimpi" dan "Endesor" juga akan dibuatkan versi movienya, kapan yah "Maryamah Karpov" terbit?

"Berbuat terbaik dititik dimana kita berdiri, sesungguhnya itulah realistis"

"Orang-orang seperti kita tidak akan bisa hidup tanpa mimpi-mimpi"

1 comment:

anas.blogspot.com said...

Hallo salam kenal, aku juga fans laskar pelangi. kalau boleh tolong sesekali mampir di blogku ya... alamatnya: www.anasfilatelis.blogspot.com
makasih...