Wednesday, July 23, 2008

Penyakit herpes

Penyakit ini kalau di jawa disebut dengan dampa atau dampo orang cirebon menyebutnya, sedangkan menurut orang Paser(Kalimantan) dikenal dengan istilah "kayap" dan dalam bahasa kedokteran disebut dengan herpes.

Penyakit ini disebabkan oleh Virus varisela-zoster (VVZ). Virus ini muncul apabila kondisi seseorang sedang tidak fit, banyak pikiran dan kurang vitamin.
herpes muncul apabila seseorang telah mengalami penyakit cacar air sebelumnya. gejala awalnya pada kulit ada koloni bintik merah di bagian depan atau dari depan tembus kebelakang kemudian akan membesar dan berisi air, lama kelamaan cairannya akan hilang dan menjadi hitam.Jika pecah maka air dari bintik tersebut akan menular ke bagian yang lain.

Nyeri yang datang secara tiba-tiba kemudian hilang lalu muncul lagi, bahkan disertai dengan demam merupakan efek samping penyakit ini.nyeri yang ditimbulkan bisa membuat orang tidak bisa tidur dengan nyenyak, senut-senut seperti orang dicubit :-).

Efek dan kondisi berbeda dimungkinkan sesuai dengan kondisi dan daya tahan tubuh. Kalau pergi ke dokter paling dokter hanya bilang "Ini penyakit herpes, banyak makan sayuran dan buah, madu, dan vitamin,trus sering-sering diolesin salep obatnya dimakan 5 kali sehari".

Klo pengobatan secara tradisional lebih keren lagi ;-)). Sebagian masyarakat cirebon mempercayai kalau penyakit ini bisa disembuhkan oleh seseorang yang lahirnya jungkir atau sungsang. caranya bagian kulit yang terdapat herpes dioleskan oleh jempol kaki(setelah sebelumnya jempol kaki siempunya digosokkan ke tanah).

1 comment:

zoomyadam said...

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk penyakit herpes, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat
Rahmah