Friday, May 16, 2008

Sahabat dan Cinta

Ada pepatah mengatakan :

"Banyak sekali persahabatan yang berakhir dengan cinta, tapi sangat sedikit Cinta berakhir denga persahabatan"

Bukti mengenai pepatah itu sangat banyak didunia ini. Banyak para pencari cinta yang ketika cintanya diacuhkan oleh sang pujaan hati berubah menjadi dendam kesumat yang berkepanjangan. kecewa yang berlarut-larut, dan tak sedikit juga yang sedih tak berujung :-), didalam beberapa novelpun sering disebutkan "Cintailah aku atau benci aku sekalian asalkan jangan kau acuhkan aku". ungkapan tersebut menggambarkan kekecewaan yang sangat luar biasa ketika kita diacuhkan oleh seseorang.

Kenapa persahabatan selalu berakhir dengan cinta ?
Kenapa cinta jarang berakhir dengan persahabatan?
tanya kenapa?

Dalam beberapa kesempatan aku pernah berdiskusi dengan seseorang. Dalam diskusi tersebut dibicarakan tentang definisi cinta, menurut dia definisi cinta adalah "Tunas Pesona Hati"! Jadi lanjut dia jika dalam sebuah persahabatan terdapat benih- benih cinta dan kita tidak ingin tunas itu tumbuh besar maka tunas cinta itu jangan kau matikan, jangan kau pupuk dan jangan kausiram, maka tunas tersebut dengan sendirinya akan mati . Sebaliknya jika tunas tersebut ingin tumbuh maka siramlah setiap hari, berilah pupuk dengan teratur agar tumbuh dan kaupun akan menikmati buah cinta tersebut.


Heee... sedikit puitis memang. Paling tidak hal penting yang bisa kita petik dari diskusi dengan teman saya tersebut. Terserah anda mendeskripsikan hal itu ...
yang jelas definisi cinta itu luas ... banyak versinya dan suka-suka orang mentafsirkannya sesuai dengan kehendak maupun suasana hatinya.

Cinta juga merupakan sebuah komoditi paling laku di dunia film, syair yang selalu dinyanyikan dalam sebuah lagu, kata yang wajib ada dalam sebuah puisi serta rangkaian kata yang tak hilang dalam sebuah novel remaja.
Sementara definisi sahabat menurut beberapa pendapat yang saya baca di beberapa blog sebagai berikut :

Sahabat adalah orang yang paling dipercaya, yang bisa diajak cerita tentang masalah kita, yang ada di saat kita butuh atau bahkan saat kita tidak butuhpun sahabat ada disamping kita untuk menemani kita. Seorang sahabat sejati sulit sekali untuk kita cari atau kita jumpai, karena mencari sabat sejati itu memang bener-bener sangat sulit.

Teman adalah seseorang yang kita kenal dan seseorang yang bisa kita jumpai disaat tertentu atau tidak selamanya kita jumpai. Mencari teman itu mudah bahkan sangat mudah, kita cuma menemui orang yang tidak kita kenal, lalu mengajaknya kenalan, ketika sudah kenal maka ia sudah bisa kita anggap sebagai teman.


Bagaimana menurut anda ?

7 comments:

Anonymous said...

Hm... :)

Asyhadi tea... said...

Mungkin aku orang yg masih naif, kalo cinta hanya muncul setelah kita menikah. Sebelum itu, saya menganggap bukan cinta yg ada, tapi hanya hawa nafsu.
Jadi cepetan nikah bro, tunaikan separo agamamu.

Anonymous said...

saya dan sahabat saya adalah contoh dari sahabat yang berubah jadi cinta . tapi sahabat saya bilang "aku ga akan ngejadiin kamu pacar aku ,karena aku ngga akan mau keilangan kamu suatu hari nanti" .
hahah sekedar curcol :)

Unknown said...

betul banget....mending temenan j walau kita cinta dan sayang sama dia...

cerita ini sedang aku alamu..

dan parahnya temen cwoku itu punya pacar

kadang sering jealous juga saat tau dia lagi jalan sama pcrnya..hahaha

olip said...

adakah yang bisa merasakan betapa sakitnya mencintai sahabat ?

rebel mindsick said...

Hmm... sahabat...???
membingungkan...!!!

Anonymous said...

q jg sdng jth cnta ma shbt q sndri,yg ada hny makan ht ktk mlht dy ma cwo laen,tp cnta akn sngt menyaktkn bl orng yg qt sayangi gk tw apa yg qt rasakan,jd ungkpkn lh isi htmu pd'a,wlaupn kadang cnta tak hrs memiliki