Tuesday, June 3, 2008

Excel to MySQL Converter



Akhirnya setelah sekian lama keinginan untuk membuat sebuah converter excel ke mysql terwujud. Sebenarnya sangat banyak converter semacam itu, but yang pas dengan keinginan dan kebutuhan kita 100 % belum ada, mau gak mau coding dulu agar bisa pas.

Dengan memanfaatkan library dari pear yaitu Spreadsheet_Excel_Reader, cara kerja
Converter ini dengan cara mengcopy file excel yang akan diconvert kedalam folder sementara, lalu file tersebut dibaca oleh library reader.php, kemudian diproses. record yang ada diExcel tersebut pada baris pertama diabaikan/ignore(karena bari pertama dalam tabel biasanya header), kemudian dimasukkan dalam database mysql. Sederhana bukan ...?

Setelah dicoba convert file excel sebanyak 6.574 record alhamdulilah berjalan dengan baik, proses eksekusi dalam waktu beberapa detik, dan record yang ada dalam file excel tidak ada yang terlewat.

Tentu Saja sebelum convert dari File .xls kedalam database mysql harus dibuat terlebih dahulu tabel dalam mysql.Sekarang aku tidak perlu repot convert file excel ke .csv dahulu sebelum dimasukkan ke mysql. capee dechhhh. Walaupun sangat sederhana semoga bermanfaat bagi siapapun termasuk saya pribadi.

klik disini sini download source

4 comments:

Asyhadi tea... said...

Wah keren kamu cas, tambah pinter euy...
Udah nunggu apalagi, cepetan nikah... Tinggal pilih ini! Ntar keburu ke convert gimana istri mu...
Wkwkwk

Anonymous said...

bro Casmadi,

link untuk downloadnya error kayaknya
bisa tolong diupdate bro ?

makasih banyak
fredy

rifky said...

mas cara penggunaannya bagaimana?

maklum masih awam..

terima kasih

WeLcOmE tO mY wOrLd said...

mas cra jalanin nya gimana ??? msi bingung ni tolong bantuannya .. lgi butuh bgt ini.. saya udah buat db nya trus gmana lgi....