Monday, June 9, 2008

Be Living Balikpapan

Di balikpapan jarang terdengar, demo Menuntut turunkan harga BBM, menuntut BLT, Bubarkan Ahmadiah apalagi turunkan harga sembako. Yang ada mungkin beberapa demo orang dayak yang sukunya tidak ada dalam bursa pencalonan gubernur dan wakil gubernur kaltim. itu saja !!!selebihnya tidak ada.

Masyarakatnya sudah maju dan sadar hukum. ketika pada suatu kesempatan aku ngobrol dengan ibu rumah tangga tentang kenaikan harga BBM dengan nyantai beliau menjawab :
"Yaa klo mau naik, naik aja gpp, tinggal kita cari duit yang bener agar bisa beli BBM" sederhana, simple dan logis bukan ;-)

Bahkan dalam beberapa ulasan dimedia cetak local akibat kenaikan BBM dikatakan bahwa index biaya hidup dibalikpapan menurut survey badan pusat statistik setempat disebutkan sebesar 1,9 juta untuk satu kepala keluarga. Bayangkan untuk orang yang penghasilannnya kurang dari segitu.

Klo kita lewat dijalan - jalan protokol tampak pasukan kuning membersihkan jalan lengkap dengan mobil penyapu jalan. setelah hujan mengguyur kota giliran pasukan pemadam kebakaran sibuk "ngepel" jalan dari lumpur dan sampah yang walaupun untuk tahun ini tidak memperoleh Adipura seperti tahun-tahun sebelumnya. aku pikir kurang kerjaan juga tuch orang jalan kok dipel kayak gitu :-) tapi gpp lah daripada gak ada kerjaan itung biar gak makan gaji buta.

Jangan heran juga klo kita menjumpai pemulung di daerah balikpapan baru menggunakan motor keluaran terbaru untuk operasionalnya. tidak seperti pemulung pada umumnya yang berjalan kaki atau paling banter menggunakan sepeda or becak.

Ketika berbelanja di warung jangan pernah membeli gula pasir 1/4 kilo atau beli telur 1 kilo, dijamin bakal diketawain sama orang warung. Yups karena warung disini tidak menjual telur dengan sistem kiloan melainkan sistem bijian. Khusus untuk gula pasir minimal 1/2 kilo klo mau beli.

Lain cerita klo kita mau ngurus KTP

- Reguler (2 Minggu ) ---> Rp. 50.000
- Business (3 Hari ) ---> Rp. 150.000
- VVIP (1 Hari ) ---> Rp. 350.000
Plus Uang jaminan Sebesar 300.00 bagi yang belum punya kerjaan

Terserah kita mau pilih yang mana ...?

No comments: