Saturday, March 8, 2008

Programmer KPU


Pada saat menerima screen design untuk membuat aplikasi untuk komisi pemilihan umum, Statement awal yang dikeluarkan management produksi adalah "hati-hati project ini bukan project sembarangan !!!". Ketika program tsb sudah selesai 100 % pun masih bisa bernyanyi dengan riang gembira, coz data pemilih belum ada :-))

But itu dulu, SEKRANG !!! subhanallah ....
Berawal dari data pemilih yang berasal dari capil acak adut, telat sampainya karena birokrasi di pemerintahan yang gak habis-habis, ditambah lagi deadline dari KPUD yang semaunya aja dengan confirmasi yang serba mendadak menjadikanKu tidur 2 hari malam hanya untuk menconvert ratusan ribu data pemilih dari acces ke mysql.
tapi Alhamdulilah semuanya bisa diatasi dengan berprinsip "Mustahil Allah membebani mahluk diluar kesanggupannya"

Masalah tidak berhenti sampai disitu!! dikarenakan KPU mungkin tidak mau ambil pusing dengan yang namanya data, aplikasi disebar ke seluruh kecamatan :-), alhasil perawatan jadi lebih runyam karena setiap ada perbaikan aplikasi harus dikirim kekecamatan-kecamatan yang dalam hal ini PPK. Tidak terlalu besar wilayahnya namun cukup melelahkan jika berkeliling seharian .

Beberapa jam HP dimatikan seluruh kecamatan ngamuk-ngamuk karena aplikasi error terus lah, muncul-muncul terus mozillanya lah, pemilihnya kurang lah, datanya kehapus sampai ada yang kangen segala operatonya :-))),

Berkeliling dari satu PPK ke PPK yang lain merupakan rutinitas yang wajib dilakoni klo gak mau ditelpon terus. Hiburan bagiku ketika mengunjungi PPK paling hanya disuguhi gorengan, ngodain operator cewek, makan, sampai diceramahi oleh anggota PPK yang gak mau tau programnya harus jalan saat itu juga. heemmm susah juga klo menjelaskan istilah programmer kepada orang awam, dijamin gak bakalan nyambung!!

Suka gak suka, seneng gak seneng harus dilakoni agar semuanya lebih enjoy dan tidak jadi beban ! Pelajaran terkhir nomor "Jangan mau bikin aplikasi jika data yang dikasih adalah data sampah, atau data datang belakangan"

2 comments:

Celular said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Celular, I hope you enjoy. The address is http://telefone-celular-brasil.blogspot.com. A hug.

Anonymous said...

betul tuh choi, makanya kalau kita kerja karena Lillahi Ta'ala maka akan membawa Barakah bagi kita khususnya dan bagi semua pada umumnya. Keep Working with Allah