Wednesday, November 28, 2012

Rumah Idaman

Rumah idaman adalah rumah yang sesuai harapan. menurut pak karno(Dir Keu Brantas) dalam memutuskan sesuatu itu ada 2 aspek yaitu aspek Mutlak dan Keinginan.
  • Aspek mutlak adalah aspek yang tidak bisa ditawar-tawar dan mesti atau harus ada.
    aspek mutlak itemnya tidak boleh terlalu banyak, karena semakin banyak maka semakin tidak ketemu
    kata idealnya, maximal 3 atau 5, sisanya taruh di posisi aspek keinginan
  • Aspek keinginan adalah aspek yang kita harapkan diluar aspek mutlak, nah item dari aspek ini boleh banyak
Begitu juga ketika kita ingin memiliki rumah yang ideal, kedua aspek tersebut harus diperhatikan.
pada awalnya ketika memutuskan untuk punya rumah ideal setelah berdiskusi dengan istri sbb:

Aspek Mutlak :
  1. Punya rumah sendiri tidak ngontrak
  2. Minimal 2 kamar mandi dan 2 kamar tidur
  3. Terjangkau kantong :-)
Aspek Keinginan :
  1. Dekat tempat kerja istri atau kerjaku
  2. Dekat Masjid, Pasar, Warung,Sarana Kesehatan, Pendidikan
  3. Gak Hutang
  4. Bikin secara bertahap dan mendesain sendiri bentuk dan model rumahnya
Namun kata Zainudin MZ, manusia tidak wajib untuk berhasil, namun wajib untuk berusaha. Setelah cari info sana - sini dengan kriteria yang disebutkan diatas, ternyata kantong blom bisa mengejar hal tersebut.Harga tanah di Sekitar Cijantung per meter 1,5 juta perlu 100 jutaan untuk membeli tanahnya saja. biaya untuk membangun tentu lebih dari itu. Akhirnya iseng2 nyari rumah didaerah Cilengsi, Bogor. Pilihan jatuh pada
Perumahan Grand Nusa Indah type 36/72, selain karena dapurnya sudah jadi, halaman depannya juga sudah dikasih pagar, jadi kalaupun renovasi tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. ditambah lagi jalan utamanya Cor Beton dan menggunakan sistem cluster. klo mau mau hiburan dibelakang rumah ada Water Boom :-)

Pertama coba KPR Mandiri alhamdulilah ditolak karena masalah miss, padahal bunga fix 2 tahunnya menarik :-) 
Kedua saya coba BNI dan BRI, BRI sebulan gak ada kabar, BNI 2 minggu proses langsung keluar SPKnya, akhir bulan akad kredit

Syarat-syarat standar mengajukan KPR :
  1. Isi Formulir Pengajuan KPR
  2. Fotocopy KTP, KK, NPWP
  3. Slipgaji terakhir, surat keterangan kerja
  4. Rekening koran 3 bulan terakhir
  5. Foto terbaru
Syarat-syarat non teknis :
  1. Perbanyak Sholawat dan Berdo'a
  2. Sebelum mengajukan ke bank koordinasikan dulu dengan bagian SDM,
    bilang kita mau ngajukan KPR ke Bank XXXX, jika ada telpon dari bank kasih jawaban yang bagus2 :P
  3. Siapkan dana untuk DP (besarnya sekitar 10 - 30 %), tergantung bank mana yang akan kita pilih. gak tahu deh klo aturan BI sudah benar2 dilaksanakan yang menyebutkan DP minimal 20 - 30 %
  4. Siapkan dana untuk akad kredit, besarnya sekitar 5 % dari plafon kredit yang di ACC bank

2 comments:

Navitarina Alviana Putri said...

hai visit balik ya
http://matechmaticsection.blogspot.com/

Anonymous said...

http://kabarwarta.com/berita-1907-sukses-itu-apa.html
http://kabarwarta.com/berita-1913-rahasia-tetap-bahagia-saat-hadapi-masalah-kehidupan.html
http://kabarwarta.com/berita-1916-perempuan-harus-bisa-jadi-inspiring.html